09
Jul
08

Kata-kata Tanpa Judul

jika kautanya apa isi lembaranku ini,

ini:

“selembar lagi untuk kutulisi”

kata mereka aku debu

yang jatuh di kaki lalu dikebaskan

kata mereka aku asap

yang luruh ke paruparu lalu dibatukkan

dan katamu aku daun

tumbuh tak mengerti, layu tak memahami

orangtua tak mengerti kita

kita berlari

terjatuh dan mengaduh

dan mereka bilang ini hidup

kita berlompat

bercanda dan tertawa

dan mereka bilang kita tak patuh

mari kita jadi anak saja

aku keluar dari kepungan debu

dan kamu keluar dari kurungan kaca

rogohlah lebih dalam, Tuan

ke dalam kantungmu

mungkin ada serpihan logam

dan cuilan kertas

atau ada aku

dan hatimu

Tuhan,

aku tak mau menolong anak ini

lihat,

aku bekerja puluhan tahun

mengeringkan keringatku sendiri

mencicipi tangisku sendiri

dan Kau minta aku menyerahkan diri demi dia?

hidup ini keras

harihari ini sungguh kejam

jika hari ini aku hidup,

itu karena aku tegar

dan jika Kau inginkan dia hidup,

dia akan bertahan

sungguh Tuhan,

aku tak mau menolong anak ini

biar orangtuanya mengerti sendiri

karena ketika kutatap matanya,

aku menemukan aku

dan aku tak pernah mengasihani diriku

Ibu,

jangan tinggali aku sekulkas makanan beku

jangan tinggali aku sekeranjang mainan baru

tinggali aku dirimu

dan ayahku

Prioutomo, simpatisan dari Penjaringan

“sesungguhnya anak itu tak pernah mati di jiwaku”

Kategori: PEMUDA (dgn melihat dari perspektif anak)


0 Responses to “Kata-kata Tanpa Judul”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

GALERI PUISI BULAN KESPEL 08

July 2008
M T W T F S S
    Sep »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
dan.. Apakah "KEMISKINAN" di matamu?

KATEGORI

ARSIP PUISI

KOMENTAR

theda on Miskin

JUMLAH PENGUNJUNG

  • 28,298 hits

